Laman

Kamis, 03 Mei 2012

Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, tidak dapat dipisahkan dengan Islam, terutama di daerah Rajadesa , tepatnya di desa rajadesa Kecamatan Rajadesa  merupakan wilayah Para Santri.


Di Rajadesa Tepatnya Di Dusun Jagamulya Cikolam RT 04 RW. 05  telah berdiri Yayasan Al Haidar  Cikolam  dimana di situ terdapat Pendidikan Pondok Pesantren AL qomariah Cikolam Yang di Pimpin Oleh K A MUMU MUALIM
perkembangan lembaga ini semakin sini semakin maju. Apalagi dengan berdirinya Riadoh Dzikir, dimana para orang tua Yang mengikuti Dzikir di lembaga tersebut sering kali berminat Untuk menitipkaan anak anaknya menimba Ilmu . 

Semangat Baru


Pondok Pesantren AL qomariah  memiliki semangat baru untuk memajukan lembaga Pesantren tersebut  Guna memahamkan masyarakat akan Islam dan sekaligus membentengi masyarakat dari serangan budaya dan pemikiran yang tidak islami dari barat. 

Saat ini di tanah wakaf tersebut berdiri pula bangunan Masjid. Untuk melancarkan kegiatan pendidikan dan pembinaan sekarang sudah dibangun 2 ruangan untuk kegiatan belajar mengajar, satu Masjid  untuk shalat dan Kegiatan riadoh Dzikir . 8 ruang pondok putra dan 4 ruang pondok putri. Di samping itu, di kompleks yayasan ini menyediakan pula fasilitas sederhana dan proporsional yang berupa  kantin, dan fasilitas lainnya.

Tekad Al Qomariah


Al Qomariah cikolam  bertekad menjadikan Al qomariah  sebagai pencetak santri yang berkualitas, baik dari segi tsaqafah islamiyah, kehandalan, berwawasan luas, kesungguhan dan konsisten dalam berjuang, serta memiliki ketrampilan. 

Oleh karena itu, santri Al Qomariah Cikolam  dibekali dengan pengajian kitab kuning, di antaranya tafsir, ushul fiqih, ilmu hadits, . Dan ilmu alat membaca kitab kuning, di antaranya nahwu, sharaf. Di samping penyiapan santri untuk menguasai tsaqafah Islam, ponpes juga menyiapkan kemampuan berbahasa Arab . 

Sementara itu dalam membentuk pola pikir santri sebagai pemegang tongkat estafet dari para ulama warasatul anbiya' yang memahami aqidah dan syariah kaffah dalam bingkai khilafah ponpes pun mengemas beberapa program. Di antaranya adalah program MSI (mentoring santri ideal )dan DSI (dauroh santri idaman) serta forum munaqosah usbu'iyah/kajian – diskusi mingguan, muhadlarah.

Sedangkan untuk kemandirian secara ekonomi, santri pun dibekali ketrampilan untuk berternak, bertani, 
Di samping program untuk membina internal, Al Qomariah   juga menjalankan program untuk lingkungan sekitar dengan program sosial kemasyarakatan sebagai upaya membangun kedekatan, kebersamaan dan bukti ponpes merupakan bagian dari masyarakat.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar